Kelebihan dan Kekurangan Blogger Sebagai Platform Pilihan Untuk Membuat Blog

shares |

Gambar-Blogger-Com

Situs Blogger.com atau Blogspot merupakan platform atau tempat untuk membuat sebuah blog baru. Didirikan pada tahun 1999 oleh perusahaan Pyra Labs lalu diakusisikan oleh situs search engine besar Google pada tahun 2003.

Sejak diakusisikannya Blogger oleh Google, banyak orang yang menggunakan situs Blogger dari saat itu sampai sekarang. Banyak sekali tujuan orang untuk membuat sebuah Blog di Blogger, diantaranya untuk keperluan bisnis, untuk melengkapi tugas sekolah dan bahkan ada juga yang membuat Blog hanya sekedar curhat dan sebagai pengganti buku diari.

Saya adalah salah satu pengguna situs Blogspot, tujuan Saya membuat blog untuk membagikan pengalaman serta ilmu yang Saya dapatkan dan Saya miliki. Nah, disini Saya akan mencoba menguraikan kelebihan dan kekurangan Situs Blogger untuk membuat Blog yang pernah Saya rasakan dan Saya ketahui.

Kelebihan dan Keunggulan Blogger


Mungkin Anda jarang tahu keunggulan dan kelemahan Blogspot, karena itu Saya buat postingan ini untuk menambah wawasan dan ilmu Anda tentang situs Blogspot. Berikut uraian lengkapnya.

Miliknya Google

Suatu kebanggaan untuk kita, bahwa situs Blogspot diurus oleh situs Google. Kenapa? Karena menurut pengalaman yang pernah Saya rasakan saat menggunakan Blogger sebagai tempat ngeblog, jika kita menggunakan Blogger sebagai tempat untuk membuat blog bisa Saya pastikan bahwa blog Anda nantinya mudah bersaing dengan para kompetitor dari platform Blog berbeda.

Karena, Google sendiri memberikan perhatian dan layanan khusus bagi pengguna situs Blogspot.

Selain itu, kita tidak perlu memverifikasi blog kita ke Google Webmaster Tool, karena Blogger sendiri otomatis terhubung ke Google Webmaster Tool. Namun, kita juga harus perlu memantau blog kita di situs Google Webmaster Tool untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bisa dipasangi iklan dengan mudah

Jika kita ingin menikmati hasil dari jerih payah kita saat ngeblog, bila sudah ramai, agar tidak sia - sia usaha yang kita lakukan maka kita bisa memasang iklan apapun di Blogger. Khususnya untuk iklan dari Google Adsense, namun kita wajib untuk mengurus blog yang kita buat, agar nantinya menjadi blog yang bermanfaat untuk para pembaca. Karena, situs pengiklan Google Adsense tidak sembarangan menerima Blog yang ada untuk menjadi publisher Google Adsense.

User friendly

Sangat bersahaban dengan pengguna, bahkan untuk seorang pemula seperti Saya sekalipun. Karena situs Blogspot sangat mudah dipahami. Mulai dari menu - menu yang ada disana, sampai sub menu yang ada didalam menu utama Blogger. Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk menggunakan fitur di dalamnya, karena Blogger sendiri menyediakan banyak pilihan bahasa, termasuk bahasa indonesia juga. Maka kita dengan senantiasa dimanjakan oleh menu - menu yang ada di Blogger.

Sangat SEO friendly

SEO merupakan sebuah cara mengoptimalkan blog agar disukai oleh Search Engine atau mesin pencarian seperti Bing, Yahoo, Yandex dan khususnya untuk Google.

Seperti yang sudah Saya katakan di atas, bahwa blog dari Blogger mempunyai layanan dan perhatian khusus dari Google sendiri. Dengan begitu otomatis blog yang kita buat di Blogspot sangat bersahabat dengan Google dan dapat dipastikan mudah bersaing di mesin pencarian.

Banyak pilihan tema baru dan keren

Tampilan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para Blogger, karena tampilan bisa mempengaruhi kenyamanan pengunjung atau pembaca saat berada di blog yang kita buat.

Tidak perlu khawatir, karena Blogspot sendiri menyediakan banyak pilihan Tema atau Template baru yang sangat nyaman dan keren.

Diantaranya template baru yang kemarin diliris oleh Blogger sendiri yaitu Contempo, Soho, Emporio, Terkemuka dan masih banyak lagi.

Selain tema baru, Blogger juga menyediakan tema lama, cocok untuk Anda yang suka mengotak atik, mengubrak abrik tampilan desain blog. Untuk menikmatinya silakan pakai Blogger, lalu ke Dasbor alias menu awal Blogger, pilih Theme atau Tema. Silakan Anda pilih dan edit tampilannya sesuka Anda.

Tema yang mudah diedit tampilannya

Jika Anda seorang pemula dan masih awam dengan kode - kode untuk merubah tampilan, jangan berkecil hati, karena Blogger sendiri menyediakan tempat khusus untuk Anda yang ingin merubah desain dan tampilan blog. Caranya cukup pergi ke dasbor, pilih Tata Letak, lalu klik atau tap Desainer Tema. Silakan Anda atur Latar belakang, lebar tampilan dan sebagainya disana, tinggal pilih saja sesuka Anda.

Bisa membuat banyak blog dalam satu akun Blogger

Ini adalah salah satu fitur yang sangat Saya sukai, buat Anda juga yang ingin memiliki banyak blog untuk bisnis. Blogger bisa jadi pilihan Anda untuk membuat banyak blog.

Silakan pergi ke dasbor, lalu klik judul atau nama blog Anda saat ini, kemudian klik blog baru. Silakan Anda isi kolomnya seperti saat pertama membuat blog di Blogger.

Bisa merubah alamat url blog lama dengan yang baru

Ketika kita bosan dengan url yang terlalu panjang, terlalu singkat, atau kurang keren, maka dapat dipastikan kita sangat ingin merubah alamat URL itu, namun terkadang dibeberapa platform Blog susah untuk merubah alamat tersebut. Kecuali Blogspot, karena Blogspot bisa merubah url tersebut. Tinggal pergi ke dasbor blog, lalu pilih menu Setelan atau Setting, klik edit pada url blog lama. Silakan Anda isi dengan alamat URL yang baru.

Sambungan SSL Gratis

Google sangat menyarankan untuk menggunakan protokol yang aman untuk pengalaman berselancar di blog. Salah satu protokol yang sangat aman adalah protokol HTTPS atau Protokol SSL (Scure Socket Layer) yang dapat memberi kenyamanan dalam mengakses blog kita.

Protokol ini premium, maksudnya jika ingin menggunakannya Anda harus menyewanya dari penyedia protokol.

Di Blogspot protokol ini gratis tanpa dipungut biaya apapun dan bisa kita gunakan selamanya. Maka kita tidak perlu khawatir bila kita tidak punya budged yang cukup untuk membeli protokol tersebut.

Apa manfaat dari protokol SSL?
  1. Sangat disukai mesin pencarian khususnya Google, karena memberi kenyamanan dalam pengaksesan.
  2. Sangat SEO friendly, alasannya juga sama seperti di atas.
  3. Sangat aman dan meminimalisir keberhasilan seorang hacker meretas blog kita dan bahkan menggagalkan tindakannya itu.
  4. Blog kita senantiasa terlindungi dari virus, malware, dll yang dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung.
  5. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan protokol HTTPS atau SSL.

Ada fitur parkir domainnya

Jika kiita memiliki budget yang cukup untuk membeli domain TLD atau ccTLD, kita juga bisa memarkir domain tersebut di Blogger. Caranyapun sederhana dan cukup gampang. Untuk itu silakan menuju Dasbor Blogger, lalu pilih menu Setelan atau Setting, lalu siapkan url pihak ke tiga. Kalau tidak salah seperti itu, lebih jelasnya tanyakan hal ini ke mbah Google.

Kekurangan Platform Blog Blogger


Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk Blogger juga, yang sudah pasti memiliki kekurangan atau kelemahan, diantaranya:

Susah dikelola lewat Hp lama

Khususnya pengguna hp java, syembian bahkan adroid sekalipun. Jujur untuk mengaksesnya sangat susah, itu mungkin karena pengaruh kode JavaScript yang tidak didukung browser lama seperti UC Browser dan teman - temannya.

Saya sendiri menggunakan pihak ketiga untuk menggunakan Blogspot, seperti membuat postingan dan menambahkan gambar. Itu semua Saya lakukan di situs X-Sun, lumayan buat mengatasi hal tersebut.

Tidak ada tempat untuk melihat balasan komentar dari Blogger lain

Ketika ada sebuah postingan yang unik dan kita ingin bertanya sesuatu, kita pasti ingin sekali berkomentar disana dan mendapat balasan dari adminnya. Di Blogger sendiri tidak ada tempat untuk melihat balasan dari Blogger lain. Kecuali selalu mengecek e-mail masuk di G-mail, dan itu sangat menyita waktu kita.

Tidak ada tempat untuk membalas komentar langsung di dasbor Blogger

Ketika ada yang berkomentar dan bertanya sesuatu, kita wajib membalasnya. Di Blogger sendiri tidak bisa membalas komentar langsung lewat dasbor, dan untuk membalasnyapun kita mesti bolak balik ke blog kita dan itu sangat menjengkelkan.

Namun, Blogger tetap di hati karena sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun, dan rekomen deh buat Anda yang ingin ngeblog untuk dapat penghasilan. Walau banyak kekurangannya, tapi tidak apa - apa yang penting kita bisa mengelolanya dengan baik. Sekian dulu postingan tentang kelebihan dan kekurangan situs Blogger untuk membuat blog, mungkin Anda punya pengalaman menggunakan Blogger atau memiliki pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan Blogger selain di atas, silakan tulis di kolom komentar ya! (~^_^)~

Related Posts

10 komentar:

  1. Dibalik kekurangan blogspot ane tetap cinta sama Blogger gan 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D kekurangan yang pastinya bisa di hilangkan jika kita berusaha hehehe, blogger tetap di hati walau banyak kekurangan. Hehehe

      Hapus
  2. Bagus niih broπŸ‘ lanjutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip lah, trimakasi kunjungannya mas /(^_^)\ salam kenal mas.

      Hapus
  3. y benar... Blogspot memang Platform idaman blogger, terutama karena kemudahan dalam hal pengelolaan namun yang bikin saya terpancing disini bukan karena Platform justru Gatged yang kamu gunakan bikin artikel dan untuk User Friendly bagi pribadi saya tergantung pengelolaan. Apapun itu jenis Platformnya jika pengelolaannya bagus maka hasil akan memuaskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wap betul sob, pengelolahan lebih penting, namun alat tempur juga menjadi faktor utama dalam mendukung pengelolahan blog yang mantap tanpa halangan. Contohnya alat tempur memakai pc, menggunakan pc atau personal komputer sangat direkomendasikan untuk digunakan ngeblog. Karena dalam hal pengelolahan melalui blogger contohnya, bisa full control dalam menggunakan menu - menu yang ada.

      Hapus
  4. Internal Link, tolong di kasih gan. Deskripsi artikel apakah sudah dikasih juga. BTW over all nice gan. Semangat ya (Budi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sob, trimakasi juga sarannya sangat membantu saya dalam membuat blog ini lebih user friendly. Maklum lah sob saya memakai hp biasa untuk ngeblog, jadi tidak full dalam penggunaan platform blogger.

      Hapus
  5. Itu dia masalahnya susah di kelolah pake hp lama gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sob, saya juga harus ngeluarin trik cerdas buat memakai blogger

      Hapus

Bila ada pertanyaan seputar topik di atas, jangan malu untuk berkomentar. Karena, malu bertanya sesat di tengah jalan.