Cara Membersihkan dan Merapikan Kamar Tidur Agar Terasa Nyaman Dengan Mudah

shares |

Foto-kamar-tidur-bersih-dan-rapi

Kebersihan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan kita. Contohnya kebersihan kamar tidur, coba deh kamar tidur kita berantakan, tidak rapi dan tidak terjaga kebersihannya, pasti lama - kelamaan bila kita biarkan dapat mempengaruhi derajat kesehatan kita.

Untuk itu kita perlu membersihkan kamar tidur kita setiap hari. Ada juga yang bingung tentang cara membersihkan kamar tidur agar selalu terlihat indah. Selain itu banyak juga yang bertanya, bagian yang mana sih yang perlu saya bersihkan di kamar tidur terdahulu? Bagaimana sih caranya agar kamar selalu terlihat rapi? Dan masih banyak lagi pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan tentang petunjuk membersihkan tempat tidur yang tepat.

Nah, berkaitan dengan hal itu, saya akan mencoba memandu anda dalam membersihkan kamar tidur, mulai dari tempat tidur, meja belajar, lemari dan masih banyak lagi, yang akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Biar cepat, ada baiknya langsung saya pandu. Berikut adalah panduan lengkapnya.

Tata dan bersihkan terlebih dahulu buku - buku yang anda miliki

Jika anda memiliki buku yang berserakan di atas meja dan mungkin di atas tempat tidur, saran saya silakan anda ambil lalu tata dengan rapi buku tersebut dan letakan buku tersebut di dalam lemari tempat anda meletakan buku biasanya.

Jika tidak mempunyai lemari khusus untuk buku, anda juga bisa meletakan buku tersebut di tempat yang biasa anda gunakan untuk belajar.

Sebelum anda meletakan buku tersebut di tempatnya, alangkah baiknya anda menyusun buku sesuai jenis buku tersebut. Seperti, buku tulis dengan buku tulis, buku paket dengan buku paket, buku cerita dengan buku cerita, dan sebagainya.

Setelah anda temukan jenisnya, maka silakan anda susun berdasarkan ukuran, saran saya coba anda letakan buku berukuran besar dan lebar paling bawah, dan terus sampai yang terkecil.

Satu lagi, pisahkan buku yang tidak sejenis. Seperti buku tulis dengan buku paket, silakan anda pisahkan saja kedua buku tersebut. Sebelum meletakannya, ada baiknya anda membersihkan terdahulu tempat yang anda pilih untuk meletakan buku tersebut.

Bersihkan dan rapikan tempat tidur anda

Langkah kedua agar ruangan tidur anda rapi yaitu membersihkan dan merapikan tempat yang biasa kita gunakan untuk tidur. Ini sangat penting anda bersihkan setiap hari, karena dapat mempengaruhi kenyamanan anda dalam beristirahat. Anda tidak mau kan kalau anda bangun kesiangan?

Cara merapikan dan membersihkan tempat tidur bisa anda lakukan sesuai dengan apa yang anda bisa. Kalau saya sendiri, yang pertama saya lakukan adalah membersihkan tempat tidur, seperti kasur contohnya. Lalu memasang seprai dan merapikannya, terus membersihkan seprai yang sudah terpasang tersebut lagi dan yang terakhir menata agar tempat tidur terlihat rapi. Dan sekarang, coba lihat tempat tidur anda. Rapi bukan?

Menyapu dan mengepel lantai

Setelah rapi semua, langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah menyapu dan mengepel lantai. Alangkah baiknya anda sapu terlebih dahulu debu yang ada dilantai, termasuk juga di bawah tempat tidur, meja belajar, lemari dan sebagainya.

Untuk menyapunyapun tidak sembarangan, agar tempat tidur tidak kotor lagi, ada baiknya anda cek dulu udara atau angin yang masuk kedalam ruangan, ingat pintu harus dibuka agar kita bisa mengetahui kearah mana angin datang.

Untuk menyapu yang benar yang saya ketahui adalah menyapu dengan membelakangi arah angin yang masuk. Umpama anginnya dari timur, maka anda sampu dari timur ke barat. Bila anginnya dari pintu masuk silakan anda bisa menaruh debu dan kotoran tersebut di pojok ruangan tidur anda. Lalu anda ambil menggunakan serok, alias tempat untuk menaruh debu atau kotoran. Disini kotoran yang saya maksud bukan kotoran kucing atau sejenisnya, tapi yang saya maksud adalah bekas buku atau sejenisnya atau barang yang tidak terpakai.

Jika ada penyedot debu, alangkah baiknya saya sarankan untuk menggunakan itu saja untuk membersihkan kotoran dan debu dari ruangan tidur anda agar cepat dan mudah.

Setelah debu dan kotoran terbebas dan bersih dari kamar tidur, langkah selanjurnya dengan mengepel lantai. Silakan terlebih dahulu siapkan alat pel dan cairan pembersih seperti Sup*r pel atau sejenisnya. Bila tidak ada alat pel, anda juga bisa menggunakan lap atau baju yang tidak terpakai.

Silakan celupkan alat pel kedalam air yang sudah diberikan cairan pewangi (seperti sup*r pel) ,lalu peras hingga tidak ada air yang keluar. Setelah itu baru pel lantai dengan alat pel itu.

Tunggu hingga lantai kering, baru lanjut ke langkah berikutnya.

Rapikan pakaian yang ada

Yang wajib anda lakukan selanjutnya adalah merapikan pakaian yang ada, bila ada pakaian yang kusut silakan setrika atau di rapikan saja. Silakan lipat pakaiannya, untuk cara melipak pakaian bisa tanya mbah google.

Setelah selesai melipan baru taruh pakaian tersebut kedalam lemari pakaian.

Bersihkan kaca dan langit - langit kamar tidur anda

Setelah semua beres, langkah terakhir yang anda lakukan adalah membersihkan kaca dari debu dan langit - langit dari sarang laba - laba atau sejenisnya, kalau didaerah saya disebut kelabang atau kabang - kabang. Silakan bersihkan itu hingga bersih.

Khusus untuk langit - langit kamar tidur, silakan anda bersihkan menggunakan sapu ijuk atau sejenisnya, usahakan tidak mengenai lantai dan tempat tidur.

Related Posts

8 komentar:

  1. Kalau untuk anak kost serasa sulit gan 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D beberapa cara di atas mungkin bisa di coba sob , hehehe biar lebih pd saat mantan atau gebetan datang kekoskosan kita *positf thengking

      Hapus
  2. Anak kost perlu panduan untuk membersihkan kamar tidurnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D panduan jadi anak kos apik, petunjuk sangat lah di perlukan. Cobain deh sob dijamin menyenangkan.

      Hapus
  3. Tutorial yang sangat bermanfaat gan..
    Namun tak dipungkiri juga bahwa masih banyak yang tak sadar atau tak mau sadar tentang kebersihan lingkungannya yang dapat mempengaruhi kesehatannya sendiri.
    Dan dapat kita ingatkan lagi bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman.
    Semoga dengan adanya tutorial ini membuat siapa saja yang membacanya cepat sadar ya gan. Amien..
    Sukses terus blognya gan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul sob, walau sepele kelihatannya namun dampaknya besar buat kesehatan. Amin semoga sobat juga begitu,, sukses selalu sob.

      Hapus
  4. Bagus bgt emang ini dilakukan dikos hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, tekomen deh buat agan :D dan buat sobat - sobat lainnya juga.

      Hapus

Bila ada pertanyaan seputar topik di atas, jangan malu untuk berkomentar. Karena, malu bertanya sesat di tengah jalan.